Motivasi Setiap Muslim

Al-Qur’an meminta setiap muslim untuk memperhatikan dirinya dalam rangka persiapan menghadapi hari esok (wal tandzur nafsun ma qoddamad lighadin). Secara sederhana dapat diartikan bahwa setiap muslim adalah manusia yang senang menyusun jadwal harian, mampu merencanakan pekerjaan dan programnya.

Diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Rosulullah SAW bersabda,“Seorang mukmin itu pandai, cerdik, waspada, hati-hati, teguh, pemberani, tidak tergesa-gesa, berilmu dan sederhana dalam kehidupannya.” Oleh karena itu yang perlu disadari dalam setiap perbuatan yang kita lakukan dalam hidup ini ialah; Apa prestasimu, wahai orang yang telah mengaku diri sebagai orang yang beriman? Apakah hidupmu sudah mempunyai makna dan berarti bagi lingkunganmu? Bukankah engkau meyakini bahwa dirimu membawa misi sebagai rahmatan lil ‘alamin? Mengapa engkau terpuruk dalam kemalasan dan ketidakberdayaan, padahal disetiap penjuru alam engkau meyakini banyak sekali rahmat Allah? Apa bukti tindakanmu untuk mewujudkan harapan-harapanmu?

Dari semua pertanyaan diatas, diharapkan kelak kita menjadi seorang muslim yang ideal, yaitu yang mempuntai orientasi untuk selalu berbuat baik dan benar. Kalau sudah memiliki paradigma semacam ini akan timbul motivasi untuk terus berusaha. Itulah makna seorang muslim dalam memahami tauhid.

Setiap muslim dituntut untuk menciptakan keseimbangan dalam seluruh aspek kehidupan, ini adalah filsafat hidup atau worldview yang harus dimiliki seorang muslim. Sebab manusia memiliki tiga macam potensi yang harus diolah dengan benar yaitu fisik, pikiran dan hati. Ketiga-tiganya harus ada keseimbangan.

Ketika fisik atau dimensi pikirannya sudah lemah, spiritual intelligence (olah hati) seorang muslim masih terus produktif. Sehingga seorang muslim dapat memotivasi dirinya dengan berbagai kekurangan yang dimiliki. Otomatis dari dirinya akan terpancar aura yang dapat memotivasi orang lain. Wallahu a’lam bishowab.

2 thoughts on “Motivasi Setiap Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s