Pemuda Islam Penegak Risalah

agama,islam,bekerja,usaha,belajar,berusaha,kerja,nilai islam,al-qur'an,baca,muslim,muslimah,ramadhan,Pemuda,Islam,Penegak,Risalah,hubungan internasional,contoh hubungan internasional,makalah hubungan internasional,pengertian hubungan internasional,hubungan internasional dan organisasi internasional

Pemuda mempunyai posisi yang sangat penting dalam proses regenerasi suatu masyarakat atau bangsa. Pemudalah yang akan menyambut tongkat estafet kepemimpinan suatu negara. Keberhasilan perjuangan suatu bangsa akan tercermin dari keberhasilannya melahirkan generasi penerus yang berkualitas sehingga mampu mengangkat harkat dan martabat bangsanya sejajar dengan bangsa lain di dunia.🙂

Pemuda mempunyai potensi yang sangat dahsyat, akan tetapi kenyataan yang ada sekarang pemuda yang penuh potensi itu tengah dirundung permasalahan yang serius akibat sistem kehidupan berideologi kapitalis, sehingga membuat mereka mengalami penurunan moral menjadi pemuda individualis liberal, akrab dengan kekerasan dan foya-foya dengan perasaan tanpa dosa mengabaikan nilai-nilai syar’i hidup bebas tanpa aturan.

Pemuda sudah terbiasa untuk melakukan hubungan seksual, kasus-kasus kriminal pemerkosaan dan perampokan, minuman keras ataupun tawuran. Semuanya seolah-olah menjadi budaya mereka gambaran tingkah laku pemuda modern.

Pemuda Islam disetiap zaman dan ditempat manapun, dari dulu sampai sekarang ini, tetap merupakan tonggak berdirinya umat islam, kunci rahasia di balik kebangkitannya, melahirkan kejayaan dan peradabannya. Mengibarkan panjinya serta menuntun Islam untuk keagungan dan kemenangan.

Tidak dapat di pungkiri bahwa sekelompok orang beriman saat pertama kali fajar dakwah ini merekah, mereka itu adalah generasi muda. Pemuda yang masih belia, mata mereka terpelihara dari dosa, kaki mereka terhindar dari kebatilan, tekun beribadah dalam komunitas yang beradab, serta umat yang di penuhi kesabaran penyebar dakwah dan penuh derap jihad.

Panji Islam tidak akan pernah berkibar dalam tataran kemanusiaan, kekuasaannya tidak akan terhampar di muka bumi dan dakwahnya tidak tersebar kecuali di tangan komunitas orang beriman yaitu pemuda islam.

Pada saat ini pemuda dituntut untuk bangkit dengan tanggung jawab memikul amanat yang besar dan memainkan peranannya dalam peradaban untuk menyelamatkan dunia Islam khususnya dan alam semesta umumnya dari kedzaliman setan materialisme yang melampaui batas gelombang pesimisme yang dahsyat.

Pemuda Islam mempunyai peranan penting dalam membangkitkan peradaban Islam yang tidak mungkin dicapai kecuali apabila memiliki karakteristik-karakteristik pemuda yang Islami, yaitu:

  • Pemuda Islam yang memiliki keimanan yang tangguh, tidak pernah pudar, dan lemah, pemuda Islam yang ikhlas dan jujur.
  • Generasi muda Islam yang bertekad membaja, tidak takut dan gentar.
  • Pemuda Islam yang tidak suka menunda-nundakan pekerjaan, kontinu (istiqomah), serta tidak lemah dan lesu.
  • Pemuda Islam yang rela berkorban apa saja, meskipun sesuatu yang paling berharga dan tidak mengenal kecuali kemenangan atau mati syahid.

Semoga sedikit tulisan ini bisa memberikan kita motivasi untuk menjadi bagian pemuda yang berperan dalam kemajuan agama, bangsa dan negara. Wallahu a’lam bishowab.

4 thoughts on “Pemuda Islam Penegak Risalah

  1. Assalammu’alaikum wr wb…
    Afwan, saya mengambil materi dari sini, tanpa ijin, buat tambahan materi kajian rutin.. Semoga bermanfaat.
    Jazakallah…
    Wassalammu’alaikum wr wb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s