Setan Baca

Kalau membaca judul diatas pasti akan langsung membayangkan sesosok makhluk mengerikan yang hidup di dunia lain, terus makhluk itu bisa baca buku, he.he.he.. emangnya Casper. Sebenarnya tulisan ini terinspirasi ketika aku duduk di ruang tunggu (tempat cuci mobil) sambil membaca koran, daripada lihat acara TV ga’ jelas yang terletak di ruangan tengah, aku mencoba untuk mengacak-acak koran dibawah meja.🙂

Sebenarnya aku sendiri bawa koran dari rumah, tapi karena terbitannya beda maka aku baca dulu yang di sana. Aku coba men-scan kira-kira berita apa yang menarik, dan akhirnya baru aku dapatkan judul yang sama dengan judul tulisan ini.

Ada seorang vokalis band terkemuka di Indonesia yang hidup dengan seorang ibunya saja, karena orang tuanya telah bercerai. Dia dikenal biasa saja, berpenampilan sederhana, dan kalem. Tetapi warisan ayahnya baik itu sifat suka membaca atau banyaknya koleksi buku menjadikan dia gemar membaca.

Entah itu buku umum, buku fiksi, buku cerita, pokoknya buku apa saja ia baca. Saat itulah baru ia dikatakan oleh keluarganya sebagai ‘Setan Baca’ karena kegemaran baca bukunya yang tidak mengenal tempat dan waktu.

Tidak tanggung-tanggung dua gelar sekaligus pun dia raih yaitu Bachelor of Mathemathic dan Bachelor of Physic dari salah satu Universitas di Kanada. Sekarang dia lebih suka membaca buku-buku ilmiah populer dan science daripada buku-buku cerita atau buku fiksi, bahkan koleksi bukunya telah mencapai ribuan yang dia taruh di ruangan bacanya.

Dia paling takut kalau misalnya pergi ke sebuah toko buku, karena setan baca didalam dirinya pasti akan memaksa dia untuk membeli seluruh buku di toko itu. Walaupun saat ini dia disibukkan oleh kegiatan menyanyinya, dia selalu menyempatkan diri untuk membaca.

Memang dengan kegiatan membaca itulah kita mengetahui akan banyak hal, dan menghilangkan rasa haus dari kebodohan hidup. Dengan membaca kita bisa memberi, menulis, mengungkapkan dan menyampaikan suatu hal yang bermakna. Itulah ilmu yang bermanfaat apabila kita dapat memberikan kepada orang lain, dan kelak akan menjadi amalan bagi si pemberi ilmu.

Terus bagaimana kita bisa menyukai membaca? mungkin kita bisa membiasakan diri dulu dengan bacaan yang kita sukai baru sedikit demi sedikit melangkah ke bacaan yang berbobot berat. Usahakan selalu setiap hari meluangkan waktu buat membaca.

Karena salah satu cara mendapatkan ilmu itu dengan membaca, karena tak akan ada negara yang maju kalau warga negaranya sendiri tak membiasakan aktivitas membaca. Marilah saat ini kita mulai suka dan menjadikan membaca sebagai pekerjaan kita sehari-hari.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s