Bingung dan butuh software Islami??

“Assalamu ‘alaikum Jenggis, kira-kira nt punya software hadist bukhari-muslim? Kalau ada bisa pinjam yah? Aq butuh sekali untuk cari banyak hadist. Terima kasih sebelumnya.”

“Nggis, kira-kira nt ada terjemahan qur’an bahasa inggris ndak..?”

Berdasarkan dari beberapa sms yang masuk ke hape saya, yang kebanyakan hampir mempunyai kasus yang sama, yaitu ada gak sih software islami? Yang bisa memudahkan kita dalam referensi hadist ataupun Al-Qur’an, yang dapat mengingatkan kita akan waktu sholat, yang bisa menghitung bagaimana membagi harta warisan, atau lain sebagainya.

Akhirnya saya putuskan menulis artikel ini berharap paling tidak bisa menolong kesulitan teman-teman yang sedang sangat membutuhkan sekali akan software Islami dalam menyelesaikan tugas mereka atau membantu studi mereka. Sebenarnya ada banyak bertebaran dalam internet software-software gratis yang notabene bisa kita download alias gratis. Gratis dan tentu saja legal. Kalau gratis, maka untuk memakai software itu pun jadi enggak merasa berdosa, kan?

Hadist Web merupakan software hadits lengkap berbahasa Indonesia. Koleksi hadist ini juga bisa dibaca secara langsung lewat website. Namun, mengingat banyaknya koleksi dan juga karena sangat bermanfaat, saya merekomendasikan untuk diunduh saja.

Hanya saja si penyusun software ini, yaitu Sofyan Efendi, berpesan dalam website-nya. “Sebelum anda membaca, memanfaatkan dan menggunakan website ini, silahkan dilakukan setelah menafkahkan sebagian rezeki yang dititipkan Allah kepada anda dengan cara memberikan sebagian harta anda kepada para fakir miskin, anak yatim, orang yang dalam perjalanan yang kekurangan bekal, orang yang berutang yang kesulitan membayar, dan orang sakit yang kekurangan biaya untuk pengobatan, sesuai kemampuan, dengan ikhlas, dan tidak berlebih-lebihan dalam menafkahkan hartanya.”

Isi software adalah Al-Qur’an dan terjemahannya, ringkasan Shahih Bukhari, kumpulan hadist dari Shahih Muslim, ringkasan Syarah Arbai’n An-Nawawi, kitab hadist  Bulughul Mahram Min Adillatil Ahkam, 1.100 hadist terpilih, sejarah singkat beberapa ahli hadist, dan artikel tentang hadist.

Hadist merupakan segala perkataan (sabda), perbuatan serta ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Kedudukan hadist merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an. Jadi yang kepingin software hadist ini langsung aja klik disini.

Kemudian bagi teman-teman yang sedang mendalami ‘mawarits’ bisa juga untuk melihatnya di sini. Karena selain hadist, dalam site ini banyak penjelasan terkait mengenai apa itu ilmu faraidz, panduannya, referensinya yang mana tentu saja sesuai syariat Islam.

Selanjutnya Shollu merupakan islamic software karya anak negeri, Ebta Setiawan. Tujuan software ini adalah memberikan peringatan kepada pengguna komputer bahwa waktu sholat telah atau hampir tiba sehingga pengguna bisa segera mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat berjamaah.

Berbeda dari versi-versi sebelumnya yang menggunakan waktu sholat abadi. Mulai Shollu versi 3.00 perhitungan waktu sholat berdasarkan letak geografis suatu wilayah sehingga diharapkan Shollu bisa digunakan di mana pun dan kapan pun.

Selain menunjukkan waktu, juga ada penunjuk arah kiblat, lho. Jadi, cocok buat di-install di laptop yang sering dipakai bepergian. Mulai versi 3.00, Shollu mendukung multibahasa. Kita juga bisa menambahkan bahasa daerah kita.

Untuk membuat bahasa baru tinggal membuka salah satu file tersebut di folder languanges (English_org.slp atau indonesian.slp), buka dengan file editor seperti notepad, lalu save as dengan nama bahasa yang akan digunakan dan berekstensi *.slp, misalnya “Jawa.slp”, kemudian letakkan di folder languages. Di web ini masih banyak software bagus yang layak untuk dicoba, jadi tinggu apalagi langsung aja klik disini.

Terus buat teman-teman yang kepingin mempunyai koleksi Al-Qur’an digital, tak perlu beli mahal, software Qur’an Reciter ini sudah sangat bagus untuk dimiliki. Selain suara MP3, software ini dilengkapi terjemahan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Software ini gratis dan boleh didistribusikan, tapi tidak boleh dijual, loh ya. Mau?? silahkan comot aja di sini.

Bagi yang berkecukupan secara materi, bisa memberikan donasi ke pengembang software tersebut lewat website-nya. Pengembang software ini ternyata bukan dari negeri Timur Tengah, akan tetapi justru hadir dari India.

Berbeda dengan Quran Reciter, software Qur’an Recitation ini ditujukan lebih kepada handphone. Koleksi Al-Qur’an digital benar-benar lengkap, 30 juz dan 114 ayat. Kabar gembiranya adalah software ini gratis. Syaratnya, handphone kamu harus bisa memutar format file .amr.

Untuk instalasi, tinggal memindahkan file .amr tersebut ke handphone, bisa pake Bluetooth atau pakai kabel data. Kalau mau download langsung dari handphone, akses langsung aja ke http://wap.searchtruth.com. Tapi, direkomendasikan download dulu ke komputer bias bisa ngirit pulsa, alamatnya di sini. Di website ini bisa ditemukan software menarik lainnya, seperti Asmaul Husna, Hadist Shahih Bukhari, dan Azan Times.

Athan (Azan) Basic. Nah yang paling akhir mungkin sudah banyak orang punya software ini. Sesuai namanya, software ini untuk menyerukan suara azan secara otomatis ketika waktu sholat telah tiba. Kalau belum punya, silahkan comot langsung sendiri di sini, gratis.

Mungkin masih banyak lagi software Islami yang lain yang belum dibahas, tapi paling tidak software-software tersebut diatas,  harapan saya sudah bisa membantu kita agar lebih rajin lagi mendalami Islam.

Semoga bermanfaat dan jika teman-teman ada rekomendasi software lainnya beritahu juga yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s