Tips Praktis Merawat Kemampuan Kreativitas Otak

ExpressionKetika membongkar kardus yang berisi banyak dokumen pribadi, secara tidak sengaja saya temukan artikel hardcopyyang telah tersimpan 4 tahun lalu. Setelah membaca judulnya, saya kemudian tertarik kembali dan berinisiatif untuk mencoba mempublikasikannya, berharap barang kali memberikan manfaat bagi kita semua. Artikel ini merupakan tulisan singkat yang saya dapatkan dari teman, terus terang saya tidak mengetahui reference nya, jadi jika ditanyakan apakah ilmiah atau tidak, waa… saya jelas ndak tau.

Baiklah berikut ini merupakan tips praktis merawat kemampuan kreativitas otak:

Pertama, baca majalah, surat kabar, atau buku dengan topik yang belum pernah anda kenali sebelumnya. Informasi yang sama sekali baru adalah bahan bakar dari proses kreatif anda.

Kedua, ikuti kelas-kelas ketrampilan baru seperti kursus fotografi, ketrampilan menulis kreatif, kursus mematung, kursus menggambar atau kursus menari India. Aktifitas motorik yang sama sekali baru dapat memberi perspektif baru dalam kegiatan sehari-hari yang anda jalani.

Ketiga, hasilkan sesuatu, artikel, tulisan, gambar, sketsa, atau lukisan. Anda dapat juga membuat coretan berupa simbol-simbol dari alur pekejaan anda. Coretan berupa simbol dapat membantu anda berfikir secara simbolis dan visual. Bila anda terbiasa berfikir dengan kata-kata, berfikir dengan gambar, akan memudahkan lahirnya ide baru. Perasaaan produktif juga dapat memacu anda untuk menghasilkan hal lain lagi.

Keempat, lakukan olahraga ritmis dan bersifat aerobik secara teratur. Berenang, jogging dan jalan cepat bermanfaat jika kita sedang tersendat saat berfikir suatu masalah. Aktifitas repetitif semacam ini memudahkan kegiatan berfikir di bawah sadar ‘meloncat’ keluar.

Kelima, nikmati musik! Dengarkan lagu-lagu dari jenis musik yang berbeda dari biasanya anda dengar. Ingin melakukan aktifitas mental yang lebih rumit? Belajar untuk memainkan instrumen musik baru.

Keenam, memasak. Ini serius! Mengolah makanan yang mentah menjadi sajian yang matang dan menggoda dengan seluruh proses prosedur memasak melibatkan seluruh otak anda. Jika ingin sekalian menikmatinya, jangan lupakan kerang, ikan laut. Makanan berprotein tinggi adalah amunisi andalan bagi otak anda.

Ketujuh, bertemu dan bersosialisasi dengan orang baru. Membangun hubungan dengan orang baru menambah persepsi baru tentang hidup dan kehidupan. Pelajari cara orang lain memandang masalah dan menyelesaikannya.

Dan yang terakhir, lalui rute baru di perjalanan anda. Secara aktif mencari jalur alternatif baru selain menambah peluang menghindari kemacetan juga dapat melatih kemampuan keruangan dan daya ingat.

Jadi jangan biarkan sel-sel otak anda diam sehingga lama-kelamaan menyusut. Rawat dan kembangkan kemampuan anda agar benda ajaib ini dapat berproduksi secara optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s