Pemuda & Penjajah

Hampir setiap tahun Bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Banyak hal yang perlu dikorbankan oleh bangsa, peperangan yang menimbulkan banyak korban, kerusakan dimana-mana, baik dalam segi moril ataupun materil. Tidak terasa umur bangsa ini telah mencapai puluhan tahun, banyak hal yang telah dicapai dan diperoleh, baik dalam sektor ekonomi, pendidikan, dan keamanan. Tetapi tanpa disadari oleh bangsa ini yaitu sebenarnya penjajahan yang mengerikan sudah terjadi. Dalam berbagai aspek kehidupan dapat dilihat dengan kasat mata.

Telah berkembang ‘joke’ ditengah masyarakat. Kalau di Indonesia, pemudanya bangga menggunakan dan mempunyai handphone yang mahal, multifungsi dan banyak feature. Padahal di Jepang sana, para pemudanya telah mampu membuatnya. Disini bisa dilihat bahwa bangsa ini besar, bangsa ini luas wilayahnya, bangsa ini telah berdaulat. Penjajahan secara fisik tidak mungkin dilakukan tetapi harus dilakukan dengan cara yang lebih ‘halus’.

Dalam segi ekonomi, kita telah banyak mengimpor berbagai barang dari negeri lain, bahkan seseorang akan lebih bangga menggunakan barang buatan luar negeri dari pada barang dalam negeri. Dalam hal kehidupan bersosialisasi pun seakan-akan mengalami pergeseran yang nampak, sifat individual dan konsumtif telah menjajah negeri ini. Dan banyak contoh lainnya.

Para pemuda, yang merupakan generasi penerus dan tonggak harapan bangsa diharapkan mampu untuk membawa perbaikan. Bahkan ada suatu pepatah ‘melihat suatu bangsa itu lihat dari para pemudanya.’ Untuk itu perubahan suatu bangsa ditentukan oleh para pemudanya saat ini dalam bersikap, berfikir, dan bertindak. Suatu sifat ‘local wisdom’ perlu dipertahankan tanpa tertutup oleh berbagai hal disekitar kita.

Menciptakan suatu ‘filter’ terhadap hal-hal yang buruk perlu dibuat dan itu hanya bisa dicapai dengan belajar, berlatih dan berinstropeksi diri. Bangga dan percaya diri merupakan bagian dari itu semua. Jadi akankah diterima kalau bangsa ini terjajah yang kedua kalinya? Itu bisa dilihat dengan prestasi pemudanya di berbagai bidang baik dalam skala nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s