Jangan Menunda, Mulailah Sekarang Juga…!!

25-6-2012-jangan-menunda-mulailah-sekarang-juga

Terkadang kita tidak menyadari dalam setiap kegiatan maupun aktivitas, kita seringkali menunda dan menunda. Ketika sudah masuk waktunya atau habisnya kesempatan, barulah kita tersadar, namun sayangnya sudah telat. Masih beruntung tuh jika ada kesempatan yang kedua, lah masalahnya kalau nggak ada. Pastilah kita sering merasa bersalah pada diri sendiri.

Keadaan seperti itu juga pernah saya alami, nah saat saya sendiri telat atau sudah masuk deadline seakan-akan semuanya terlewat begitu saja dan sering merasa menyesal. Kalaupun bisa menyelesaikan pastilah hasilnya kurang maksmal, kita pun masih merasa bisa lebih lagi dari apa yang telah dilakukan. Tapi ya itu susahnya kita jika merasa waktu masih longgar, pasti hiburan dulu yang dinikmati, mengenai kewajiban ntar dululaaah.. kan masih bisa nanti atau besok.🙂

Begini, ada cerita menarik tentang seorang Arab yang ingin mengunjungi temannya di suatu kota yang sangat jauh letaknya. Orang Arab ini sangat miskin. Ia bahkan terlalu miskin untuk menempuh sebagian saja dari perjalanan itu. Namun, ia memutuskan untuk berjalan kaki.

Perjalanan ini memakan waktu berminggu-minggu karena ia harus melintasi beberapa padang pasir, mendaki gunung dan menyeberangi beberapa sungai (tapi ini bukan ninja Hattori loh..). Akhirnya, dengan kaki yang pedih dan badan yang letih, sampailah ia ke rumah temannya yang menyambutnya dengan hangat dan kagum.

“Bagaimana kau dapat menempuh perjalanan sejauh ini?” tanya temannya.

 Si orang Arab memberikan jawaban sederhana. “Aku memulainya.”

Nah, seringkali apabila saya dihadapkan pada suatu tugas yang tampak lama, sulit atau tidak menyenangkan, saya bertanya kepada diri saya sendiri bagaimana cara mengatasinya, lalu entah mengapa saya teringat kisah orang Arab ini dan saya pun segera memulainya. Anehnya, segera setelah saya mulai, tugas itu tampak lebih pendek, tidak begitu sulit, dan juga tidak begitu menyebalkan. Bahkan seringkali saya mendapatinya tidak seburuk yang saya bayangkan. Satu hal yang ada dalam benak saya bahwa tidak ada jalan lain untuk mencapai hasil kecuali dengan mengerjakannya.

Sungguh suatu sikap yang bodoh untuk menghindar dari tugas yang harus dilaksanakan. Adapun menunda suatu tugas sampai hari mendatang, tidak akan membuat tugas itu menjadi lebih mudah, sebaliknya akan menjadikan tugas itu tampak lebih sulit. Kenapa bisa begitu?

Karena penundaan seringkali juga dikatakan sebagai pencurian waktu. Loh kok bisa sampai dibilang begitu? Iya benar sekali perkataan itu, karena banyak sekali waktu yang tercuri atau terbuang karena manusia menunda sesuatu yang harus segera dilaksanakan. Kesempatan juga akan terlewatkan sia-sia. Malahan beberapa orang terkadang menunda terlalu lama sehingga kesempatan itu akhirnya pun direbut orang lain, siapa dia? Yaitu orang yang mau menyelesaikannya tepat waktu.😉

Sahabatku pembaca yang budiman, suatu saat nanti bila engkau dihadapkan pada tugas yang menurutmu akan menguras waktumu, atau diluar kemampuanmu, atau tampak menyebalkan, sudah jangan membuatnya menjadi semakin sulit dengan tidak mengerjakannya.

MULAILAH PEKERJAAN ITU…!!!

Salam Hangat dan Jabat Erat Selalu,

@jenggis

One thought on “Jangan Menunda, Mulailah Sekarang Juga…!!

  1. Assalamu’alaikum ka Jenggis…..
    Sepakaatttt bangeetttt kakk….. soalnya, udah prnah ngrasaain suka nunda2 suatu pkrjaan dn rsanya emang bkannya mudah tp jd tmbah sulit…soalnya pd akhrnya jdi trgesa2 ngrjainnya…but, alhamdulillah skrg udah mulai buat prbaikin….^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s