Pesona Inner Beauty

Pesona Inner Beauty
“Sifat-sifat yang dianggap sebagai ukuran kecantikan pada suatu zaman tertentu sesungguhnya hanya merupakan simbol-simbol perilaku perempuan yang diinginkan pada masa itu. Mitos kecantikan (yang dijadikan patokan oleh masyarakat) sebenarnya menentukan perilaku (yang diinginkan masyarakat dari seorang perempuan), bukan sekedar penampilannya.” (Naomi Wolf, 1991, “The Beauty Myth”)

Pernahkan kita melihat seseorang yang sebenarnya biasa-biasa saja, tetapi kok seperti ada pesona lain ya pada dirinya sehingga penampilannya terlihat menarik? Memang kita tidak dapat memungkiri sih bahwa pesona pada diri seseorang seringkali bersumber dari fisik. Artinya, orang yang berwajah cantik, kulitnya putih, dibalut pakaian dan penampilan yang modis akan terlihat menarik. Namun, pesona yang hanya datang dari lahir seperti ini akan luntur ketika tidak didukung oleh pesona dari dalam. Hanya orang yang mempunyai keharmonisan lahir dan batinlah yang dapat menampilkan kecantikan alami sehingga tampil menarik. Nah pesona dari dalam diri inilah yang sering disebut inner beauty.

Menurut pendapat banyak para ahli terapis dan hipnosis, dapat disimpulkan bahwa inner beauty adalah suatu kekuatan yang tidak terlihat, namun mampu memancarkan keindahan dan karisma seseorang. Dengan begitu, kehadiran seseorang dengan pesona inner beauty akan terasa oleh orang lain.

Memoles daya tarik lahir jauh lebih mudah daripada daya tarik batin karena polesan fisik bisa dilakukan secara instan. Dengan memoles wajah ke salon, ditambah balutan pakaian yang bagus, secara fisik akan tampil menarik, padahal yang terpenting adalah kepribadiannya. Seorang wanita, dapat memancarkan aura keanggunan fisiknya dari kepribadiannya sehingga tampil sebagai sosok yang mempesona.

Orang menarik tidak harus selalu cantik. Hal terpenting adalah harus tampil percaya diri, berpikir positif, dan tidak menyesali keadaan. Hadapilah hidup ini dengan penuh semangat serta mampu mengendalikan stres. Manajemen stres sangat penting untuk mengendalikan diri. Penyakit hati seperti rasa iri, dengki, dan marah harus diubah menjadi rasa menghargai orang lain dan memaklumi kekurangannya. Gaya hidup sehat dan pola makan juga harus dijaga.

Lantas pertanyaannya adalah bagaimana cara mengasah inner beauty?

Baiklah, paling tidak hal pertama yang dapat dilakukan adalah berpikir positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Berpikir positif diyakini dapat membuat wajah lebih bersinar karena yang ada di dalam hati dan pikiran terpancar melalui wajah dan mata.

Janganlah menyesali kekurangan diri, lebih baik berpikir positif bahwa manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Jangan lupa mensyukuri nikmat yang diperoleh karena rasa syukur yang tulus membuat batin lebih tenteram serta terhindar dari rasa iri dan dengki.

Hal penting lainnya adalah senyum karena dapat meluluhkan ketegangan jiwa. Senyum yang tulus akan membuat wajah bersinar. Intinya, aura yang sehat memberikan pesona dan karisma yang memunculkan inner beauty, memberikan perlindungan dari energi negatif yang menyerang dari luar dan sebagai perisai diri sehingga tidak mudah didominasi orang lain.

Orang-orang yang memiliki inner beauty adalah mereka yang selalu bersyukur sehingga tumbuh dalam dirinya kepercayaan diri. Dengan bekal kepercayaan diri, mereka mampu bertoleransi, berinteraksi dengan sesama, mempunyai rasa sayang terhadap siapa pun, dan rendah hati serta iman yang bertambah setiap waktunya.

Baiklah, kira-kira pernahkah kita melihat wajah seorang ulama yang tawadhu atau seorang wanita sholihah? Terus apa yang terasa ketika kita melihatnya? Jika kita bertemu dengan wanita sabar dan telah teruji keikhlasan serta ketaatannya kepada Allah, kemudian ia mengucapkan salam, pastilah kita otomatis akan menjawabnya dengan rasa bahagia dan terharu bahkan terkenang selalu.😉

Itulah kekuatan inner beauty. Pandangan dan senyumnya mampu menggetarkan hati seseorang sehingga ia terpesona melihatnya. Inner beauty adalah pancaran dari dalam diri wanita yang tidak bisa didapatkan begitu saja, kecuali dengan mengamalkan amalan positif secara istiqomah. Pesona inner beauty dapat menarik perhatian siapa pun yang merasakannya karena hidupnya hanyalah bergantung kepada Allah SWT Yang Maha Indah.

Cantik bukan berarti indah secara lahiriah saja, melainkan cerdas memaksimalkan potensi yang ada dalam diri. Cantik juga berarti percaya diri dan bersyukur atas apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Kita tidak perlu minder dengan kekurangan yang dimiliki, bahkan alangkah baiknya mampu menutup kekurangan diri dengan prestasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Apa pun yang Allah takdirkan kepada kita, itulah yang terbaik. Bukankah sesuatu yang kita anggap baik, belum tentu baik menurut Allah? Sebaliknya, sesuatu yang Allah anggap baik untuk kita, terkadang seringkali kita tidak menyadari dan mengakui.

Cantik dan percaya diri bukan hanya bersumber dari penampilan lahir seperti bentuk rambut, tata rias wajah, tinggi badan, bentuk tubuh, baju mewah, asesoris berkilau, dan sepatu mahal. Itu semua indikasi kecantikan fana yang tidak jauh berbeda dengan topeng. Kecantikan akan lebih sempurna jika disertai kecantikan yang hakiki, yakni kecantikan hati dan akhlak diri. Wanita identik dengan kecantikan, tidak percaya? Cobalah bertanya kepada semua wanita adakah di antara mereka yang tidak ingin disebut cantik? Walaupun penampilannya pas-pasan, pastilah seorang wanita akan berupaya mempercantik dirinya supaya terlihat lebih cantik.🙂

Padahal, cantik sejatinya berawal dari dalam diri sendiri. Kalau kita merasa cantik dan percaya diri, asalkan tidak berlebihan, kecantikan pun akan terpancar, tetapi kalau kita merasa kurang cantik dan minder, aura kecantikan tidak akan terpancar karena kurang rasa percaya diri tersebut.

Sebenarnya, permasalahannya bukan pada cantik atau tidaknya, melainkan bagaimana bersyukur atas karunia Allah SWT dan membangkitkan kepercayaan dirinya yang mampu memancarkan aura asli kecantikan dari dalam dirinya. Dengan bersyukur dan percaya diri, minimal seseorang dapat tampil wajar sesuai dengan kepribadiannya.

Seorang wanita sholihah adalah individu yang menggunakan akal pikiran dengan sebaik-baiknya, sehingga ia tidak membabi buta meniru dan mengikuti segala sesuatu yang ada di sekitarnya, sekalipun itu berarti bahwa ia harus menentang norma-norma yang berlaku di tengah-tengah masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Ia juga bukanlah seseorang yang terbelenggu dengan perasaan rendah diri akibat penampilannya, tetapi sebaliknya, seorang Muslimah yang penuh percaya diri dan mampu mempertanggung jawabkan tindakannya ketika berada dalam kehidupan yang dipilihnya sendiri, karena ia percaya telah menegakkan kebenaran Islam melalui akal pikiran dan keyakinannya. Terakhir, ia bukanlah seorang wanita yang asyik dengan citra dirinya, penampilan fisiknya, atau kehidupan pribadinya. Seorang Muslimah sholihah adalah individu yang memahami masalah-masalah dunia, mempunyai kepedulian terhadap masalah-masalah umat manusia dan berfikir cermat mengenai bagaimanakah peran dirinya.

Alangkah indahnya hidup yang dijalani jika kita menggantungkan diri hanya kepada Allah SWT yang memiliki keindahan hakiki. Kita tidak akan tersiksa dengan kondisi kita. Kita tidak perlu bersedih jika memiliki keterbatasan fisik dan materi. Bersedihlah jika belum memiliki cukup ilmu agar dicintai Sang Penguasa hati. Berbahagialah para wanita jika engkau senantiasa dapat bercinta dengan Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Sebagai penutup dari tulisan ini pun, alangkah baiknya jika kita merenungi kembali sebuah sabda Rasulullah SAW, “Dunia dan segala isinya adalah perhiasan, tetapi sebaik-baiknya perhiasan di dunia adalah perempuan yang sholihah.”😉

Wallahu a’lam bishowab.

Wassalam

13 thoughts on “Pesona Inner Beauty

  1. artikelny bagus akhi..salut, bisa memahami banyak hal ttng perempuan, mungkin lebih banyak dari yg saya tahu🙂

    kalo melihat fenomena sekarang, memang inner beauty masih dikesampingkan daripada fisik..ehmm..apalagi banyak media yg mengekspose hal2 yg mendukung eksploitasi terhadap perempuan,tambah memacu euforia terhadap pencitraan perempuan dari segi fisik..astaghfirullah..

  2. sebenarny pnasaran akh..asal mulanya kok nulis masalah ini..hehe..masalahny..biasanya kan para ikhwan kurang tertarik menulis masalah ini..kbanyakan yg akhwat..karna menyangkut kehidupan sehari-hari mreka..heheh…ikhwan2 biasanya..senang yg berbau perjuangan..semangat..politik..gitu..
    Tapi..lepas dari itu semua..tulisan ini memang bagus..

  3. Subhanalloh … indah sekali pandangan akhi terhadap masalah inner beauty … semoga saya pribadi dan para wanita muslimah pada umumnya dimudahkan dan dibimbing oleh Alloh agar bisa memperolehnya, aamiin.
    Jazkumullah khairan katsiran🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s