Cara Efektif Menyosialisasikan Blog

Cara Efektif Menyosialisasikan Blog

Yah meskipun tidak bisa seluwes website atau situs, blog bisa dioptimalkan sang pemilik akun untuk memasarkan produk jasa atau barang. Persoalannya, bagaimana cara efektif agar blog kita mudah dikenali dan kemudian dikunjungi banyak orang?

Kira-kira apa saja cara atau trik yang banyak digunakan para blogger untuk menyosialisasikan blog mereka.

Kita bisa memulainya dengan sering menulis artikel tentang topik-topik yang sedang ramai dibicarakan masyarakat. Kaitkan topik itu dengan produk atau jasa yang kita jual.

Pada saat anda menulis artikel, pilihlah kata-kata kunci yang telah anda perkirakan akan dicari pencari informasi di internet. Berapa banyak kata kunci yang sering dicari dapat anda lihat di mesin pencari Google.

Agar artikel yang kita tulis mudah dibaca Google dan bisa tampil di halaman muka mesin pencari itu, upayakan kata kunci tersebut ada di judul artikel dan konsisten tertulis di tubuh (body) tulisan.

Jika anda belum punya blog, ada baiknya anda membuat blog yang difasilitasi situs-situs yang telah punya nama, misal blog yang ada di kompasiana dan sebagainya.

Rajinlah menyambangi blog tetangga dan memberikan komentar positif atas berbagai tulisan yang ada di sana, dan jangan lupa memberikan link ke blog kita.

Bergabunglah ke komunitas-komunitas yang kini digemari banyak orang. Pilihlah komunitas yang sevisi dengan produk barang dan jasa yang anda ingin pasarkan.

Namun, saat mempromosikan produk anda, jangan terlalu hard selling sebab kalau itu yang anda lakukan, bisa jadi kita justru akan dijauhi anggota komunitas yang biasanya tergabung dalam milis.

Untuk itu, mau tidak mau kita harus terampil menulis. Oleh sebab itu, belajarlah. Sebab di era teknologi informasi, siapa pun dituntut untuk bisa menulis. Banyak buku yang mengulas bagaimana menulis di new media.

Tak ada salahnya kita belajar search engine optimization (SEO) untuk mengatrol blog kita di halaman depan mesin pencari seperti Google. Namun, rajin menulis dan bergabung di komunitas serta memberikan komentar di blog tetangga tetap jauh lebih efektif.

Pilih tampilan blog yang dinamis, usahakan ada foto setiap kali kita menulis. Jika kita pengguna Facebook, rajinlah menulis artikel di note dan sesekali tautkan blog kita di sana.😉

Bagaimana menurut pendapat teman-teman, adakah yang ingin menambahkan? Saya tunggu masukannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s