Belajar Ilmu HI Yuk.. [1]

Belajar-Ilmu-Hubungan-Internasional-Yuk.. [1]

Seiring dengan majunya teknologi dan mudahnya interaksi antar manusia di zaman sekarang ini, membuat banyak orang tertarik akan hal-hal yang berbau internasional. Imbasnya banyak juga teman-teman yang bertanya melalui email ke saya tentang apa itu Ilmu Hubungan Internasional.

Mulai dari teman yang kebingungan pingin masuk program studi Ilmu Hubungan Internasional sampai teman yang tertarik akan fenomena hubungan internasional akhir-akhir ini.

Yah memang tidak salah juga sih, seiring dengan canggihnya teknologi saat ini seakan-akan juga meningkatkan interaksi dan hubungan manusia di muka bumi ini. Apalagi dengan banyaknya jejaring sosial dan gadget yang sudah tersupport aplikasi social networking.

Padahal jika mengingat ketika dulu kuliah HI (Ilmu Hubungan Internasional) yang secara tidak disengaja, sepertinya saat ini saya malah mempunyai kesimpulan tidak ada ruginya juga belajar ilmu hubungan internasional.🙂

Baiklah.. bagi teman-teman yang masih kebingungan atau belum bisa menentukan keputusan memilih program studi HI, saya rasa kita saling share aja melalui tulisan ini. Dosen saya dulu bilang kalau HI itu termasuk program studi yang elit, mengapa? Karena kita belajar tentang hal-hal yang berbau internasional semacam teroris, politik luar negeri, perdagangan, hukum, ekonomi, budaya, HAM, militer, keamanan dan lain-lain.

api pengalaman pribadi saya sih sepertinya studi HI itu malah luas banget, seperti ndak ada batasan. Yah walaupun banyak yang bilang menuntut ilmu itu memang suatu kewajiban bagi seorang muslim apalagi suatu pesan kepada kita yaitu tuntutlah ilmu dari mulai buaian ibu hingga ke liang lahat.

ingung? Nggak jelas? Terlalu luas? Yah itu juga yang saya rasakan sewaktu menjalani hari-hari kuliah HI, dan sudah pasti saya harus banyak baca apapun itu untuk menambah pengetahuan saya. Kenapa..???

Karena Ilmu Hubungan Internasional ini bukanlah ilmu pasti, ini merupakan ilmu sosial yang mana mempelajari interaksi diri manusia. Maka dari itu saya membutuhkan banyak dasar pengetahuan sebagai modal belajar HI ini. Namun saya rasa itu juga berlaku untuk kita belajar ilmu apapun.

Terus apa aja nih yang saya pelajari ketika kuliah? Hmm… baiklah saya akan sebutkan beberapa mata kuliahnya, tapi itu bukan terus menjadi standar yang menyatakan semua kampus itu sama. Sudah barang tentu setiap kampus mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik itu dari segi pengajar, materi, fasilitas, referensi dan aktifitas akademik lainnya.

Nah kemudian dalam ilmu HI itu, kita akan berkenalan dengan beberapa mata kuliah seperti:

      • Pengantar Ilmu Politik
      • Pengantar Ilmu Hubungan Internasional
      • Perbandingan Sistem Politik
      • Metodologi Ilmu Politik
      • Sistem Politik Indonesia
      • Politik Luar Negeri Indonesia
      • Metode Penelitian Sosial
      • Teori-teori Politik Internasional dan Hubungan Internasional
      • Ide-ide Politik
      • Ideologi Nasional
      • Analisa Kekuatan Politik
      • Demokrasi
      • Diplomasi
      • Politik pemerintahan Eropa, Amerika, Asia, dan Timur Tengah
      • Globalisasi
      • Politik Lingkungan Hidup
      • Resolusi Konflik
      • Ekonomi politik internasional
      • Ham (Hak Asasi Manusia)
      • Makro Ekonomi
      • Organisasi-organisasi Internasional
      • Hukum Internasional, dsb.

Yang mana masih banyak lagi untuk dipelajari serta disesuaikan dengan minat dan konsentrasi kita. Tapi kalau mau dipelajari semua juga ndak ada salahnya hee…😉

Oke paling tidak sudah ada bayangan tuh kalau ilmu HI itu pastinya kebanyakan mempelajari politik, dan untuk lebih lanjutnya tentang studi ilmu HI ini akan saya coba uraikan kembali di lain kesempatan.

Mungkin ada pendapat dari teman-teman? Silahkan tinggalkan pesan dibawah ya.🙂

One thought on “Belajar Ilmu HI Yuk.. [1]

Leave a Reply

