Belajar Ilmu HI Yuk.. [3]

Belajar Ilmu Hubungan Internasional Yuk.. [3]

Dalam uraian sebelumnya, saya sedikit menjelaskan tentang konsep hubungan internasional. Yang telah kita ketahui dalam tulisan sebelumnya bahwa hubungan internasional itu juga membahas masalah politik luar negeri dan politik internasional.

Hanya saja terdapat perbedaan dari hubungan internasional dengan kedua konsep ini yang mana konsep politik luar negeri dan politik internasional itu hanya mengkaji aktor negara saja. Lebih lanjut yuk kita bahas saja.

Apa yang dimaksud dengan politik luar negeri? Sekali lagi ada banyak pakar mempunyai definisi-definisi tersendiri mengenai apa itu politik luar negeri, namun salah satunya saya kutipkan saja dari Carlton Clymer Rodee yang karyanya telah diterjemahkan menjadi Pengantar Ilmu Politik.

Beliau menuliskan politik luar negeri itu adalah, “Pola perilaku yang diwujudkan oleh suatu negara sewaktu memperjuangkan kepentingannya dalam hubungannya dengan negara lain… yaitu bagaimana cara menentukan tujuan, menyusun prioritas, menggerakkan mesin pengambilan keputusan pemerintah, dan mengelola sumber daya manusia dan alam untuk bersaing dengan negara lain di dalam lapangan internasional.”

Nah ini berbeda sekali dengan disiplin hubungan internasional yang menjadikan aktor negara maupun aktor non-negara ke dalam suatu kajian. Sebaliknya dalam politik luar negeri itu hanya mengkaji aktor negara saja.🙂

Di dalam politik luar negeri, negara itu dipandang mampu sebagai aktor yang memperjuangkan kepentingannya dalam hubungannya dengan suatu negara atau beberapa negara lain.

Sudah barang tentu, jika suatu hubungan dilakukan suatu negara terhadap negara lain, maka ia pasti melewati batas yuridiksi wilayah masing-masing negara.

Yang patut dicermati adalah, dalam aktivitas politik luar negeri ini, suatu negara itu memiliki tujuan, cara mencapai tujuannya, serta berbagai macam cara mengelola sumber daya alamnya supaya entah bagaimana caranya negara itu dapat bersaing dengan aktor-aktor dari negara lain. Lebih lanjut lihatlah gambar dibawah ini:

belajar ilmu hi

Kemudian dalam politik luar negeri ini pula, suatu negara itu menetapkan serta menerapkan serangkaian tindakan yang mana ditujukan terhadap negara lain. Oke misalnya saja, Amerika Serikat nih yang dulu secara administrasi dipimpin George Walker Bush pernah menetapkan politik luar negerinya yaitu Global War on Terrorism.

Implikasi dari politik luar negeri tersebut, pemerintahan Amerika Serikat pun menerapkan kebijakan keamanan yang ekstra ketat di dalam negeri, terus menseleksi ketat orang asing yang masuk ke negaranya, menekan parlemen untuk memberi anggaran yang lebih besar dalam bidang keamanan, membangun teknologi infrastruktur militer anti teror dimana-mana, dan berusaha menjalin hubungan dengan negara lain yang mana sepaham dengan politik luar negeri anti terorisme itu, sebaliknya kemudian menekan negara-negara lain yang tidak sepaham untuk mau mendukung politik luar negeri Amerika Serikat tersebut.

Imbasnya banyak negara kemudian secara sembarangan dicap begitu saja sebagai poros jahat, poros setan, poros penentang atau sarang teroris seperti Iran, Korea Utara, Kuba, Bolivia dan lain-lain yang mana belum tentu mereka itu salah, tapi mereka segera dianggap dan dicurigai sebagai penghambat keinginan politik luar negeri Amerika Serikat itu.

Namun yang harus diingat selanjutnya bahwa politik luar negeri itu hanya menganalisa apa-apa yang ditetapkan (kebijakan) suatu negara terhadap lingkungan luarnya. Ia tidak ingin masuk lebih dalam lagi untuk membahas bagaimana dan apa saja reaksi lingkungan negara luar terhadap suatu negara yang telah menerapkan politik luar negeri.

Contoh reaksi-reaksi semacam itu seperti interaksi antar negara di luar Amerika Serikat, misalnya saja, dalam menanggapi politik luar negeri Global War on Terrorism.

Apakah mereka satu sama lain saling mendukung, netral atau bahkan cenderung sebaliknya yaitu menjauhi Amerika Serikat? Nah kalau untuk menjawab akan hal itu akan saya coba uraikan lagi dalam tulisan selanjutnya.😉

Salam Hangat dan Jabat Erat Selalu,

@jenggis

One thought on “Belajar Ilmu HI Yuk.. [3]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s