Belajar Ilmu HI Yuk.. [6]

Belajar Ilmu Hubungan Internasional Yuk.. [6]

Pada permulaannya, ilmu hubungan internasional ini merupakan bidang studi tersendiri yang hampir secara keseluruhan berkiblat ke Inggris. Pada tahun 1919, Dewan Politik Internasional untuk pertama kalinya dibentuk di University of Wales, Aberystwyth, lewat dukungan yang diberikan oleh David Davies. Ia kemudian menjadi akademisi pertama yang didedikasikan untuk HI.

Kemudian pada awal tahun 1920an, untuk pertama kalinya jurusan Hubungan Internasional didirikan di London School of Economics atas inisiatif perintah seorang pemenang hadiah nobel perdamaian yaitu Phillip Noel Baker.

Lanjut kemudian pada tahun 1927, Graduate Institute of International Studies atau Institut Universitaire de hautes Actudes Internationales, didirikan di Jenewa, Swiss. Institut ini saat itu diharapkan dapat menghasilkan beberapa staf khusus untuk Liga Bangsa-Bangsa.

Untuk program HI yang tertua di Amerika Serikat itu ada di Edmund A. Walsh School of Foreign Service yang merupakan bagian dari Georgetown University. Sedangkan untuk sekolah tinggi pertama jurusan hubungan internasional yang sudah dapat menghasilkan lulusan bergelar sarjana yaitu Fletcher School di Tufts.

Inilah mengapa kemudian, walaupun telah banyak sekolah tinggi yang didedikasikan untuk studi HI baik itu ada di Asia dan Amerika Selatan, HI sebagai suatu bidang ilmu dipandang tetap terutama berpusat di Eropa dan Amerika Utara.

Di Indonesia sendiri karena dianggap ilmu HI memberikan cara pandang yang luar, pada awalnya dia berada di bawah ilmu hukum internasional.

Seiring dengan perkembangannya pun sekarang telah menjadi bagian dari program studi ilmu sosial dan ilmu politik karena luasnya cakupan serta merupakan rangkaian dari fenomena politik.đŸ˜‰

Oke kita akan lanjutkan lagi tulisan ini dalam edisi selanjutnya..

Ataukah teman-teman ada yang berpendapat lain, kita bisa diskusikan lebih lanjut dengan  meninggalkan pesan dibawah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s