Belajar Ilmu HI Yuk.. [7]

Belajar Ilmu HI Yuk.. [7]

Menengok lebih jauh lagi, studi hubungan internasional ini dapat ditelusuri hingga tulisan-tulisan pra Masehi, semisal dari Tuchydides, Aristoteles dan Plato. Banyak yang menganggap mereka sebagai perintis awal dari teori hubungan internasional.

Bahkan masing-masing dari mereka dinyatakan mewakili dari dua aliran teori yaitu Realis dan Idealis. Aliran Realis diwakili oleh Tuchydides dan Aristoteles, sementara Plato mewakili aliran Idealis.

Maka dari itu dalam studi hubungan internasional kontemporer saat ini, kedua aliran tersebut masih saja dianggap berpengaruh meski telah banyak timbul sejumlah variasi.

Aliran Realis memandang bahwa aktor dalam hubungan internasional adalah negara berdaulat serta organisasi pemerintahan internasional semisal PBB.

Kemudian aliran ini juga memandang kalau dunia itu akan terus berada dalam kondisi “perang”, sehingga membuat para aktor-aktornya (negara atau organisasi internasional) itu selalu bersaing mutlak untuk memperoleh wilayah, kekuasaan, dan sumber daya alam.

Di sisi lain, aliran Idealis memandang kalau aktor hubungan internasional itu selain negara, ada juga termasuk Organisasi Pemerintahan Internasional, LSM Internasional, masyarakat di berbagai negara, serta individu.

Mudahnya saja, aktor hubungan internasional dalam aliran Idealis ini cukup luas dan plural daripada aliran Realis. Aliran Idealis ini juga memandang bahwa masyarakat internasional itu terbangun atas berbagai macam hubungan yang menyerupai ‘jaring laba-laba’ dan tak terhitung jumlahnya.

Hubungan tersebut bercorak lintas batas negara dan terkadang melewati kewenangan negara. Para aktor tersebut dipandang terlibat dalam suatu hubungan yang bersifat positif.

Baiklah agar lebih jelasnya saja, saya akan coba ambil bagan perkembangan aliran pemikiran dalam hubungan internasional dari karyanya Reinhard Meyes yang berjudul Contemporary Developments in International Relations yang dipublikasikan oleh Centre for Advanced European Studies and Research, University of Novi Sad, Serbia.

Semoga lebih memperjelas kita dalam memandang perkembangan aliran hubungan internasional ini.

Belajar Ilmu HI Yuk.. [7]Mengenai penjelasan tentang aliran pemikiran dalam hubungan internasional itu, saya akan coba membahasnya dalam tulisan selanjutnya, mohon bersabar yaa…😉

Salam Hangat dan Jabat Erat Selalu,

Akhmad Jenggis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s