Belajar Ilmu HI Yuk.. [11]

Belajar Ilmu HI Yuk.. [11]

Lebih luas untuk sekedar memberikan gambaran mengenai perkembangan politik internasional dari era ke era, dalam tulisan kali ini akan saya coba untuk mencantumkan grafik spider tentang kekuatan militer, ekonomi, dan COW Index.

Yang terdiri dari index militer, ekonomi, teknologi, medis, pendidikan dan semacamnya. Semua itu diambil dari artikelnya William C. Wohlforth yang berjudul The Stability of a Unipolar World.

Ini penting agar kita dapat melihat dan membandingkan serta bisa menguraikan perubahan peta politik internasional dari masa-masa awal hingga kedepannya. Oke kita lanjut saja kepada masa awal kejayaan Inggris yaitu pada masa Pax Britannica.🙂

Belajar Ilmu HI Yuk.. [11]Pada masa Pax Britannica, sistem politik internasional ditandai 6 negara dengan kekuatan militer, ekonomi, dan index COW tertinggi yaitu Britain (Inggris), Prussia (Jerman), France (Perancis), United States (Amerika Serikat), Rusia dan Austria. Saat itu Inggris memiliki kekuatan ekonomi tertinggi sementara kekuatan militer dipegang oleh Rusia.

Belajar Ilmu HI Yuk.. [11]Pada era bipolaritas awal tahun 1950, terdapat 6 kekuatan signifikan yaitu United States, France, Jepang, Inggris, Uni Sovyet, dan Jerman. Amerika Serikat dan Uni Sovyet, memiliki kekuatan ekonomi, militer, dan index COW tertinggi. Jepang sudah mulai masuk ke dalam kekuatan politik dunia.

Belajar Ilmu HI Yuk.. [11]Pada era bipolaritas akhir tahun 1985, Uni Sovyet memiliki kekuatan militer yang lebih tinggi ketimbang Amerika Serikat, tetapi kekuatan ekonominya jauh melemah. Saat itu Cina mulai diperhitungkan dan masuk ke dalam struktur kekuatan politik terbesar dunia.

Belajar Ilmu HI Yuk.. [11]Terakhir yaitu era unipolaritas 1996-1997 yang mana sistem politik internasional ditandai 7 kekuatan dunia yaitu Amerika Serikat, Jepang, Rusia, Cina, Inggris, Perancis dan Jerman. Seluruh kekuatan militer, ekonomi, dan index COW lebih terkonsentrasi di Amerika Serikat. Namun, index COW Cina adalah yang paling mendekati Amerika Serikat ketimbang negara-negara lainnya.😉

Salam Hangat dan Jabat Erat Selalu,

Akhmad Jenggis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s