Rencana Kerja Bidang Politik Luar Negeri Pemerintah Indonesia Tahun 2013 (Bagian III)

Rencana Kerja Bidang Politik Luar Negeri Pemerintah Indonesia Tahun 2013 Jenggis Eljinjizy

Dalam melaksanakan perannya untuk memajukan demokrasi, Indonesia telah menyelanggarakan Bali Democracy Forum melalui sharing best practices proses demokrasi negara-negara anggota.

Dalam kaitan ini, menindaklanjuti keberhasilan Bali Democracy Forum pada tahun 2008, 2009 dan 2010, Indonesia telah menyelenggarakan Bali Democracy Forum IV pada tanggal 8-9 Desember 2011 yang dihadiri oleh wakil dari 82 negara peserta dan 3 organisasi internasional sebagai observer.

Bali Democracy Forum IV mengusung tema “Enhancing Democratic Participation in Changing World: Responding to Democratic Voices”.

Tema ini sangat relevan dengan situasi saat ini, salah satunya terkait terjadinya Arab Spring, fenomena gelombang demokratisasi dan reformasi di Timur Tengah dan Afrika Utara sejak akhir tahun 2010 hingga saat ini. Terkait dengan fenomena “Arab Spring”, Indonesia sejak awal menunjukkan dukungan dan simpati yang tegas kepada rakyat yang menuntut demokratisasi di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara tersebut.

Di samping memberikan dukungan melalui berbagai pernyataan diplomatik dan di forum PBB, Indonesia juga telah secara nyata berbagi pengalaman transisi demokrasinya dengan negara-negara tersebut, baik melalui forum multilateral seperti BDF maupun dalam kerangka bilateral dengan negara seperti Mesir. Kiprah Indonesia ini merupakan catatan penting dalam upaya pemajuan demokrasi di tingkat internasional.

Di bidang Hak Asasi Manusia (HAM), Indonesia terus memperjuangkan kepentingan nasional dalam pembahasan hak asasi manusia di forum multilateral. Selama tahun 2011, Indonesia menjadi sponsor berbagai resolusi di Dewan HAM dan Majelis Umum PBB yang memiliki dampak bagi peningkatan perlindungan terhadap pekerja migran. Secara khusus Indonesia bersama-sama Filipina memprakarsai resolusi di Majelis Umum mengenai perlindungan tenaga kerja migran wanita.

Di bidang lingkungan hidup, selama tahun 2011 Indonesia aktif menyumbangkan pemikiran untuk mengimplementasikan Bali Action Plan dan Bali Road Map yang diputuskan pada waktu Konferensi ke-13 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) di Bali, Desember 2007.

Pada tanggal 28 November sampai 9 Desember 2011, delegasi RI telah mengikuti Pertemuan para Pihak (COP) ke-17 UNFCCC serta Pertemuan para Pihak untuk Protokol Kyoto (CMP) ke-7 di Durban, Afrika Selatan.

Penguatan kemitraan strategis di kawasan Asia Pasifik dan Afrika, serta kawasan Amerika dan Eropa semakin nyata. Hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia dan Afrika mengalami perkembangan yang positif dan menunjukkan kecenderungan meningkat.

Hal ini tampak dari peningkatan kerjasama ekonomi, termasuk investasi dan perdagangan, kerjasama pertahanan, maritim dan pertanian.

Proses penguatan hubungan kerjasama dengan negara-negara sahabat di kawasan Asia Pasifik juga ditujukan untuk mendukung terciptanya kawasan yang damai, aman dan stabil serta sejalan dengan kepentingan nasional Indonesia.

Negara-negara tersebut diantaranya adalah Timor Leste, Australia, Papua Nugini dan Selandia Baru. Hubungan bilateral antara Indonesia-Australia dalam lima tahun terakhir dapat dikatakan relatif stabil. Saat ini, hubungan bilateral kedua negara semakin kuat (strong, healthy and robust) dan perlu ditingkatkan.

Hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara di kawasan Amerika dan Eropa pada tahun 2011 menunjukkan capaian penting. Kerjasama yang dilakukan tidak hanya di bidang politik dan ekonomi, tetapi telah berkembang ke arah kerjasama kemitraan baru yang saling menguntungkan terutama untuk isu-isu strategis seperti lingkungan hidup, energi, demokrasi, interfaith dialogue dan HAM.

Hal ini membuktikan pula bahwa peranan Indonesia di mata negara-negara di kawasan tersebut semakin penting. Sebaliknya juga Indonesia melihat kawasan tersebut memiliki nilai strategis bagi pelaksanaan hubungan luar negeri dan politik luar negeri Indonesia.

Sebagai tindak lanjut dari Joint Declaration on US-Indonesia Comprehensive Partnership pada tanggal 9-10 November 2010, kedua negara telah menyepakati Plan of Action for RI-US Comprehensive Partnership yang merupakan cetak biru panduan prioritas kerja sama kedua negara di bidang politik dan keamanan, ekonomi dan pembangunan, serta sosial budaya dan pendidikan.

Selanjutnya, pelaksanaan Comprehensive Partnership Indonesia dan Amerik Serikat ditandai dengan pembentukan 6 Working Group termasuk Working Group on Democracy and Civil Society untuk melaksanakan kerjasama di bidang politik dan keamanan.

Pada tahun 2010 dan 2011 telah diselenggarakan Joint Commission Meeting yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri kedua negara. Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat juga telah melaksanakan Stocktaking Meeting of Civic Engagement 2 Juli 2011 dan Indonesia-United States Roundtable Discussion on Developing Civic Education Centers, dalam kerangka WGDCS, di Washington DC dan Boston pada tanggal 5-8 Juli 2011.

Dalam pelaksanaan diplomasi ekonomi, Indonesia tetap berkiprah di berbagai organisasi utama internasional. Di G-20 Indonesia mengoptimalkan kerja sama untuk mendukung perbaikan ekonomi global dan peningkatan pembangunan ekonomi dalam negeri.

Indonesia juga berupaya terus untuk mewujudkan cita-cita menjadi emerging economy di masa mendatang, dengan pendapatan per kapita dan dengan nilai perekonomian yang jauh lebih tinggi.

Indonesia juga terus berupaya untuk memastikan peran Indonesia di forum G-20 dan bersinergi dengan pencapaian cita-cita reformasi di dalam negeri, menciptakan pemerintahan yang bersih untuk memerangi korupsi, dan terwujudnya prinsip-prinsip good governance.

Untuk itu Indonesia banyak mengambil prakarsa dan berpartisipasi aktif pada kelompok kerja keuangan, kelompok kerja pembangunan, dan kelompok kerja anti-korupsi di G-20.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s