8 Tips Sederhana Cara Menulis Buat Blogger

04.10.2013-8-Tips-Sederhana-Cara-Menulis-Buat-Blogger-jenggis.com-eljinjizy.wordpress

Sebenarnya ada banyak cara untuk menulis postingan blog, bagi saya sendiri kegiatan blogging itu menjadikan diri ini kreatif dan unik. Kali ini saya akan berbagi semacam panduan tidak tertulis (maksudnya ndak resmi) tentang bagaimana tips memulai untuk menulis postingan blog secara sederhana.

Banyak blogger yang suka menulis sampai panjang sekali, tapi itu bukan masalah karena dalam menulis postingan blog memang tidak ada batasannya.

Bukan berarti dalam kamu ngeblog itu biasanya cuma 500 kata terus kamu tidak boleh buat yang lebih, misal sampai 2000 kata. Terus bukan berarti biasanya dalam postingan blog itu cuma ada 1 gambar terus kamu tidak boleh upload sampai 14 gambar jadi kayak komik gitu hee..🙂

Semua itu sah-sah saja karena memang itulah asyiknya ngeblog. Baiklah kira-kira apa saja tips sederhana yang ingin dibagi buat nulis blog post? Eh iya tapi ini bukan aturan baku yang kalau semisal dilanggar terus kena denda atau semacam hukuman, tenang kamu juga masih bisa memilihnya kiranya ada yang cocok atau sesuai dengan gaya kamu.

Berikut tips sederhana cara menulis buat para blogger:

1. Buat paragrafmu itu pendek

Menulis paragraf yang panjang itu terkadang bisa membuat para pembaca blog bosan, dan bisa jadi malah meninggalkan begitu saja karena capek atau ribet. Namun jika kamu harus menuliskan banyak sekali informasi yang semisal kalau nggak ditulis maka serasa nggak komplit, pastikan jangan lupa untuk memilahnya menjadi paragraf pendek.

2. Tentukan sudut pandang tulisan kamu

Ini semacam menjadi suatu kebiasaan dalam hal tulis menulis dimana terkadang kamu bingung ingin menulis dari sudut pandang siapa. Apakah ingin dimulai dari “Saya” atau “Kita” atau “Seseorang”? Hal ini penting untuk mempermudah jenis tulisan apakah yang ingin kamu tulis, apakah berita, cerita, panduan, atau cuma sekedar catatan harian.

3. Jangan sampai ada ejaan yang salah

Pastikan sebelum kamu menekan tombol “Publish”, tiap kata maupun tanda-tanda tulisan yang ada itu sudah benar. Kamu bisa minta bantuan software untuk menulis yang kamu punyai semacam Microsoft Word dan sebagainya.

4. Jangan menulis seperti teks sms

Banyak orang terkadang karena dianggap cepat, ringkas dan nggak ribet nulis maka sukanya disingkat. Iya itu tidak masalah apabila orang ada yang tahu maksud dari kata atau kalimat yang kamu buat, apalagi istilah-istilah gaul zaman sekarang. Padahal pembaca blog kamu belum tentu juga semuanya mengerti singkatan-singkatan dan memahami apa istilah-istilah yang kamu buat, ada baiknya jika ada istilah tertentu diberikan keterangannya juga jadinya mempermudah pembaca dalam memahami tulisan kamu.

5. Periksa lagi postingan blognya

Yakinkan setelah selesai menulis postingan blogmu, coba tinggalkan sejenak dan lakukan aktivitas lain. Biarkan saja tulisan itu sekitar beberapa jam atau mungkin beberapa hari. Setelah itu kembalilah dan ulangilah untuk membacanya, tanyakan kembali pada diri sendiri apakah ada yang kurang ataukah masih ada yang perlu di koreksi lagi.

6. Tuliskan apa-apa yang kamu minati

Seorang blogger yang baik mestinya ingat dan mengerti untuk menulis konten yang baik. Apa maksudnya? Artinya kamu harus benar-benar tahu kira-kira materi konten apa yang ingin kamu tulis dan darimana saja sumbernya serta kapan harus menulis. Tentu semua itu akan lebih mudah jika kamu menulis apa-apa yang kamu minati dan kamu mengerti.

7. Jangan terlalu meremehkan diri sendiri

Terkadang dalam menulis itu, ada perasaan yang selalu merasa tidak pernah sempurna. Masih ada saja yang dirasa kurang, kurang inilah, kurang itulah, nah pada akhirnya nggak dipublish-publish. Yakinkan diri bahwa tulisan kamu cukup baik dan biarkanlah mengalir, kelak nanti akan terbentuk sendiri gaya tulisan yang sesuai dengan diri kamu dan para pembaca pun akan mengenalmu.

8. Aktifkan spelling dan grammar check

Kalau semisal ada istilah-istilah ataupun menulisnya dalam bahasa Inggris, ada baiknya untuk mengaktifkan spelling dan grammar check untuk mengurangi kesalahan penulisan. Lebih baik lagi sambil mengaktifkan kamus digitalnya, misal sewaktu-waktu masih kurang yakin menuliskan kata dalam bahasa Inggris.

Itulah beberapa tips sederhana cara menulis buat blogger dari pengalaman pribadi saya selama ini.

Kira-kira pendapat teman-teman bagaimana, apakah ada yang ingin menambahi atau mengurangi? Jangan lupa buat meninggalkan komentarnya di kolom yang sudah disediakan dibawah ya.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s